Rabu, 14 September 2011

Coming Soon IFOODEX 2012

   Saat ini Indonesia sedang berada dalam keadaan "rawan pangan", bukan karena tidak adanya pangan, namun karena pangan untuk rakyat sudah tergantung dari supply luar negeri dengan ketergantungan yang semakin besar. Padahal di dalam negeri kita sendiri ada banyak sekali UKM yang menggunakan bahan pangan lokal. Peran Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia sangat besar dan sudah terbukti dapat menyelamatkan perekonomian bangsa saat dilanda krisis ekonomi tahun 1997. Saat ini sebenarnya UKM dapat menjadi ujung tombak perekonomian bangsa, selain karena menggunakan input lokal, jumlah  UKM juga sangat besar. Untuk itulah, setiap produk UKM harus terjamin kualitasnya sehingga aman dikonsumsi masyarakat.
Beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh UKM saat ini antara lain kurangnya modal kerja untuk menunjang strategi perusahaan, sistem produksi yang masih belum memenuhi standar keamanan dan kehalalan pangan, umur simpan produk yang pendek, serta lemahnya sektor pemasaran sehingga produk UKM kalah bersaingi di pasar. Tridharma perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat memegang peran penting dalam pengembangan UKM. Inovasi teknologi tepat guna sangat dibutuhkan UKM untuk memaksimalkan produksi. National Student Paper Competition dapat berfungsi sebagai medan perjuangan mahasiswa untuk menegakkan tridharma perguruan tinggi tersebut.
           Melihat hal-hal di atas ini, penting untuk diadakan suatu usaha yang dapat membantu UKM dalam meningkatkan kualitas produk melalui pelatihan dan pendampingan. Untuk itulaah.. diadakan kegiatan Indonesian Food Expo 2012 (Ifoodex 2012) dengan tema “Aplikasi Keamanan Pangan pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Pangan untuk Perlindungan Konsumen” yang merupakan rangkaian 4 (empat) kegiatan yaitu (1) Pelatihan UKM, (2)seminar, (3) National Student Paper Competition, dan (4) Food Expo. Sasaran kegiatan ini antara lain untuk UKM-UKM pangan, masyarakat, para mahasiswa, dan pemerintah.
Nah, kalo mau tau deskripsi kegiatan IFOODEX, check this out :D

2 komentar:

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.